Wisata Riau Anambas Kepulauan Tropis Terbaik di Asia

Anambas Wisata Riau Kepulauan Tropis Terbaik di Asia - Anambas merupakan salah satu kabupaten di Indonesia berupa kepulauan tropis. Kabupaten seluas 46.667 Km2 itu sering disebut-sebut sebagai surga bahari terbaik karena keindahan wisata bahari nya  sangat memukau. Bukan hanya itu, Anambas juga dapat terbilang sebagai kepulauan tropis terbaik di Asia.

Wisata Riau Anambas Kepulauan Tropis Terbaik di Asia

Wisata Riau yang satu ini sekitar 97% berupa lautan, sedangkan sisanya adalah berupa 225 pulau. Dari keseluruhan pulau di Anambas, setidaknya hanya 26 pulau saja yang dihuni oleh manusia. Terlepas dari itu, pulau-pulau di Anambas kebanyakan tidak berpenghuni.

Karena keindahan wisata bahari nya, situs terkemuka CNN pada tahun 2013 bahkan menempatkan tempat wisata terbaik ini diatas kepulauan tropis terkenal seperti Similan (Thailand), Langwaki (Malaysia), Koh Chang (Thailand), dan Halong Bay (Vietnam). Bagaimana tidak, wisatawan akan dimanjakan dengan warna laut kebiruan yang sangat luas dan ditaburi oleh laguna.

Wisata Riau Anambas Kepulauan Tropis Terbaik di Asia

Di Anambas juga terdapat cukup banyak titik menyelam sempurna dengan keindahan alam bawah laut tidak ada dua nya. Air laut jernih kebiruan disertai beragam biota laut kian memberikan pengalaman diving lebih sempurna dan berbeda. Sejumlah pulau di Anambas merupakan habitat penyu, terutama di Mangkai dan Keramut. Selain itu, garis plantai sepanjang 2 km dan barisan pohon kelapa sepanjang pesisir pantai 8 km adalah pesona yang sangat memukau.

Menariknya, di Anambas terdapat beberapa danau laut terpisah dari laut lepas (laguna). Keindahan akan lebih sempurna ketika air laut sedang surut, dimana pada saat itu gugusan-gugusan pulau seakan disambungkan oleh gundukan pasir putih. Sebenarnya dasar dari laguna di Anambas adalah sebaran terumbu karang dengan gundukan pasir putih yang membentuk sebuah batas antara bagian luar gugusan pulau dan air laut.

Wisata Riau Anambas Kepulauan Tropis Terbaik di Asia

Pada umumnya, pulau-pulau di Kabupaten Anambas di dominasi oleh pasir berwarna putih, berkilau, dan memiliki tekstur halus. Ditambah air laut super jernih dan diisi oleh terumbu karang beserta biota laut sebagai penghuninya membuat mood siapa saja lebih enak. Perlu diketahui bahwa air laut di Anambas sangat jenih sehingga wisatawan dapat melihat dasar laguna dari permukaan air dengan jelas termasuk penghuninya.

Mengagumkan bukan? Jangan mengaku seorang travelers jika belum pernah mengunjungi Kepulauan tropis terbaik di Asia, Anambas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Riau Anambas Kepulauan Tropis Terbaik di Asia"

Post a Comment