Surfing di Pulau Sipora Wisata Sumatera Barat

Pulau Sipora merupakan salah satu destinasi wisata Sumatera Barat yang sangat menarik dan eksotis. Pulau yang terletak di kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia, ini memiliki luas area sekitar 845 Km2 dengan 10-15% terdiri dari hutan hujan alami. Mata pencaharian penduduk setempat pada umumnya adalah nelayan dan petani.

Surfing di Pulau Sipora Wisata Sumatera Barat

Meski Pulau Sipora adalah pulau kecil namun jangan heran jika disana hadir cukup banyak wisatawan yang berasal dari berbagai kota termasuk wisatawan mancanegara. Daya tarik wisata Sumatera Barat khususnya Pulau Sipora memang tidak bisa diragukan. Terdapat beberapa tempat yang sangat cocok untuk melakukan surfing atau berselancar. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman surfing terbaik, waktu paling tepat berkunjung ke Pulau Sipora adalah antara bulan April - Oktober. Pada bulan tersebut biasanya ombak relatif lebih tinggi dan spektakuler. Tapi bukan berarti pada bulan lainnya tak menarik, karena hampir di sepanjang tahun gulungan ombak di Pulau Sipora sangat menantang.

Surfing di Pulau Sipora Wisata Sumatera Barat

Setidaknya terdapat beberapa titik berselancar favorit di Pulau Sipora, dua diantaranya adalah titik surfing kelas dunia yaitu Hollow Trees dan Lance’s Left. Hollow Trees atau lebih sering disebut dengan HT atau Lance's Right memiliki ombak berbentuk silinder/right tube adalah titik favorit para peselancar professional. Bahkan dalam 10 tahun terakhir tempat ini selalu masuk ke video dan majalah-majalah selancar dunia.
Menariknya, terdapat ombak bernama The Surgeon Table di titik surfing Hollow Trees. Ombak yang satu ini seakan memang lahir untuk membawa para peselancar ke puncak ombak layaknya sebuah piala. Oleh karena itu titik berselancar Hollow Trees tidak dianjurkan bagi amateur atau pemula. Tantangan ombak disini sangat tinggi sehingga dianjurkan untuk peselancar ahli.

Surfing di Pulau Sipora Wisata Sumatera Barat

Lance’s Left memiliki jenis ombak paling konsisten dan kuat di Pulau Sipora. Sejumlah zona take-off dan dua barrel berbeda adalah karakter dari titik berselancar favorit ini. Jika pada kondisi sempurna, ombak Lance’s Left merupakan ombak paling indah di dunia. Karena keindahan tersebut banyak orang yang membandingkannya dengan ombak Money Trees (G-Land). Ketika ombak tidak terlalu tinggi, titik berselancar ini sangat cocok untuk peselancar menengah.

Bukan itu saja, titik berselancar lainnya juga tidak kalah menarik dan mengagumkan. Di sebelah barat Pulau Sipora terdapat beberapa titik cukup menarik diantaranya Telecopes, Iceland, dan Scarecrows. Pada umumnya masing-masing titik surfing di Pulau Sipora memiliki karakteristik ombak berbeda. Contohnya Telescope dengan ombak panjang dan semi hollow nya, Scarecrow dengan gelombang berbentuk dinding dan barrel bergulung cepat, dan lain-lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Surfing di Pulau Sipora Wisata Sumatera Barat"

Post a Comment