Blue Fire Kawah Ijen Wisata di Jawa Timur Paling Cantik

Kawah Ijen adalah tempat wisata di Jawa Timur yang menawarkan pesona keindahan alam sangat mengagumkan. Salah satu wisata terbaik di Indonesia ini terbukti mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan wisatawan dari penjuru dunia. Di Kawah Ijen terdapat danau kawah cantik sangat luas. Uniknya, pada saat malam hari nampak api berwarna biru yang berasal dari belerang. Fenomena api berwarna biru tersebut terkenal dengan sebutan Blue Fire.

Blue Fire Kawah Ijen Wisata di Jawa Timur Paling Cantik

Gunung Ijen terletak di Cagar Alam Taman Wisata Ijen dan Kawasan Wisata Kawah Ijen di Kecamatan Klobang, Bondowoso, dan Kecamatan Licin, Banyuwangi. Tempat wisata di Jawa Timur ini bukan hanya terkenal di tanah air, melainkan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, Kawah Ijen adalah salah satu kawah dengan kandungan asam paling besar di dunia. Selain itu, Kawah ini memiliki luas sekitar 5.566 hektar dengan tinggi dinding kaldera 300 - 500 meter. Perlu diketahui bahwa kawah berluas 20 km yang berada di tengah kaldera merupakan kawah paling luas di Jawa dengan ukuran 960 x 600 meter.

Blue Fire Kawah Ijen Wisata di Jawa Timur Paling Cantik

Jika anda berencana untuk mengunjungi Kawah Ijen, jangan lupa menyaksikan secara langsung fenomena unik blue fire atau api berwarna biru. Waktu terbaik untuk melihat blue fire dimulai sekitar pukul 01.00 dini hari. Biasanya, cairan belerang di Kawah Ijen akan terus mengalir dan mengering karena angin dan kemudian dibawa oleh para penambang.

Bukan itu saja, keindahan alam di sekitar Kawah Ijen pun memiliki pesona yang luar biasa, terutama saat matahari terbit. Warna air kawah hijau kebiruan dikombinasikan dengan cahaya keemasan dari matahari terbit terpendam di bawah kawah. Ditambah udara segar dan kebersihan lingkuran terjaga kian membuat tempat ini lebih sempurna.

Blue Fire Kawah Ijen Wisata di Jawa Timur Paling Cantik

Selain itu, jika ingin melihat fenomena blue fire wisatawan wajib menyewa pemandu jalan yang berpengalaman. Pemandu tersebut biasanya ada di sekitar Kawah Ijen. Dengan menyewa pemandu maka perjalanan menuju ke bawah Kawah Ijen akan lebih aman. Pemandu juga sudah mengetahui waktu terbaik mengambil foto dan mereka pun hafal pijakan batu yang lebih aman.

Untuk akomodoasi, tidak perlu khawatir karena di Banyuwangi terdapat cukup banyak hotel yang bisa dijadikan penginapan. Namun, bagi anda yang ingin lebih dekat dengan lokasi Kawah dan berniat menyaksikan blue fire disarankan memilih penginapan di Paltuding. Setidaknya terdapat dua wisma milik Departemen Kehutanan. Perbedaan kedua wisma tersebut adalah ada dan tidaknya kamar mandi dalam kamar. Selain itu, harganya pun pasti sedikit berbeda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Blue Fire Kawah Ijen Wisata di Jawa Timur Paling Cantik"

Post a Comment