Taman Laut 17 Pulau Riung Tempat Wisata di NTT yang Memukau

Ngada berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Kabupaten Ngada memang sudah dikenal sejak dulu sebagai kota dengan beragam kebudayaan menarik. Selain itu, Ngada juga memiliki daya tarik lain yaitu keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata di NTT yang eksotis adalah Taman Laut 17 Pulau Riung.

Taman Laut 17 Pulau Riung Tempat Wisata di NTT yang Memukau

Taman Laut 17 Pulau Riung menawarkan keindahan alam dan pengalaman wisata di Indonesia yang berbeda. Gugusan pulau-pulau kecil dan besar terhampar berjajar mulai dari sebelah barat Toro Padang hingga sebelah timur Pulau Pangsar. Menariknya, hampir keseluruhan pulau-pulau tersebut adalah pulau yang tidak dihuni oleh manusia.

Taman Laut 17 Pulau Riung terletak di Kecamatan Riung serta meliputi beberapa desa, diantaranya adalah Nangamese, Lengkosambi, Benteng Tengah, Sambinasi, dan Tadho. Untuk dapat mencapai tempat ini, pengunjung mesti melewati rintangan cukup menegangkan seperti jalanan tepi jurang dengan kondisi aspal jalan cukup sempit dan naik turun. Namun, dibalik rintangan tersebut terdapat pemandangan alam memukau tidak ada duanya.

Taman Laut 17 Pulau Riung Tempat Wisata di NTT yang Memukau

Meski tempat wisata di NTT yang satu ini memiliki potensi sangat tinggi, namun Riung dapat terbilang masih cukup sunyi dan tersebunyi dari keramaian penduduk. Wisatawan mancanegara tanpa kemeja pada umumnya lebih banyak terlihat dibanding penduduk lokal. Wisatawan dari berbagai negara terlihat sangat asyik dan betah di Riung bukan tanpa sebab, keramahan dan kesopanan penduduk setempat memberikan kenyamanan lebih untuk pengunjung.

Di Taman Laut 17 Pulau Riung, setidaknya terdapat lebih dari 20 gugusan pulau cantik. Nama “17” bukanlah ciri jumlah gugusan pulau, melainkan agar mudah diingat orang lain akan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Sementara itu, daratan di wilayah tempat wisata ini berupa hutan kering dan hampir di semua pesisir pantai dihiasi oleh pohon bakau.

Taman Laut 17 Pulau Riung Tempat Wisata di NTT yang Memukau

Alam bawah laut pun kian melengkapi eksotisme Taman Laut 17 Pulau Riung. Air laut jernih kebiruan ditambah mawar laut mempesona yang melambai-lambai menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Sebenarnya, yang sering disebut dengan mawar laut adalah kumpulan telur kelinci laut raksasa. Lendir yang mengikat telur-telur tersebut akan membentuk rumbaian berwarna merah menyala sehingga disebut mawar laut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Taman Laut 17 Pulau Riung Tempat Wisata di NTT yang Memukau"

Post a Comment