Pulau Manado Tua Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Indonesia

Wisata Terbaik Indonesia - Pulau Manado Tua beserta gugusan pulau lainnya seperti Mantehage, Bunaken, Nani, dan Siladen termasuk Taman Nasional Bunaken-Manado. Tempat wisata Indonesia yang berada di Sulawesi Utara ini memiliki luas hingga 89.065 hektar. Salah satu destinasi wisata disini adalah alam bawah lautnya yang terkenal sangat eksotis. Bahkan, karena keindahan alam bawah laut yang menakjubkan tempat wisata Sulut (Sulawesi Utara) Taman Nasional Bunaken-Manado pada tahun 2009 silam sempat menjadi pribumi World Ocean Conference.

wisata terbaik indonesia
( Image Source: Instagram / @sulawesimasakini )

Taman Nasional Bunaken, Wista Terbaik Indonesia Surga Para Divers

Alam bawah laut Taman Nasional Bunaken-Manado merupakan surga diving di Indonesia. Keindahannya bahkan cukup populer dan dikenal oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Keadaan lingkungan perairan yang masih bersih jernih, bebas limbah, dan bebas polusi adalah penilaian utama para wisatawan. Selain itu, perairan disini pun memiliki kebijakan guna melindungi kualitas wisata dengan melarang segala jenis penangkapan ikan dan terumbu karang, tidak terkecuali kegiatan memancing.

wisata terbaik indonesia
( Image Source: Instagram / @kawanuacantik )
Pulau Manado Tua berada sekitar 10 mil dari ibu kota Sulut, Manado, dan bisa dicapai dengan menggunakan kapal motor yang memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Pulau ini sangat spektakuler dan berbeda dari gugusan pulau yang ada disekitarnya. Gunung api didominasi warna hijau pepohonan rindang membuat mata wisatawan lebih damai. Selain itu, dataran pulau ini berada di dalam air yang memiliki kemiringan 5-30 meter, dibelah oleh sebuah tembok karang sedalam 25-50 meter ke dasar perairan dan sebuah gua berukuran cukup besar. Tambah lagi beragam biota laut semakin menghiasi serta menambah warna berbeda di alam bawah laut pulau. Dijamin eksotisme dan keindahan alam Pulau Manado Tua tidak akan mengecewakan.

wisata terbaik indonesia
( Image Source: Instagram / @photolucu )
Pulau Manado Tua tidak terlepas dari sejarah yang melekat, yaitu keberadaan Bowontehu. Berdasarkan catatan sejarah, Bowotenhu merupakan salah satu suku yang sudah menghuni pulau ini sejak kurang lebih tahun 1623. Penghuni pulau jaman dulu merupakan Etnis Sangir Tua, dan Pulau Manado Tua pada saat itu dikenal dengan sebutan Manarow.

Untuk akomodasi, wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin berlama-lama tinggal disana. Terdapat cukup banyak penginapan yang dapat disewa berupa rumah-rumah penduduk yang berniat meraup rejeki. Selain itu, terdapat juga beberapa resort dengan fasilitas cukup baik yang berada diluar Pulau Manado Tua, seperti di Pulau Siladen dan Bunaken.

Sungguh menarik bukan tempat wisata terbaik Indonesia tersebut? Semoga tulisan ini memberikan banyak informasi terutama untuk Anda yang memiliki rencana mengunjungi lokasi dalam waktu dekat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pulau Manado Tua Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Indonesia"

Post a Comment